Sangat penting untuk membuat kesan yang baik di hari pertama Anda bekerja. Lagi pula, menurut The Discovery Way, kesan pertama dapat membentuk reputasi dan persepsi jangka panjang Anda di tempat kerja. Namun demikian, sulit untuk melakukan ini.
Ketakutan dan ketidaknyamanan bisa menjadi wabah yang membuat Anda gugup dan akhirnya gagal memberikan kesan yang baik. Jadi pada dasarnya, apa yang dapat Anda lakukan untuk memberikan kesan pertama yang baik kepada atasan dan rekan kerja Anda?
1. Tiba tepat waktu
Jika Anda ingin membuat kesan pertama yang baik, Anda harus tepat waktu di hari pertama bekerja. Memulai karir di perusahaan baru tentu harus membuat Anda terlihat disiplin dan bersemangat.
2. Inisiatif untuk bertanya
Pada dasarnya, hari pertama kerja adalah saat para pekerja tidak tahu harus berbuat apa. Jadi, menurut Local Wise, mengambil inisiatif dan meminta tugas dari atasan Anda adalah cara yang bagus untuk memberikan kesan yang baik.
Pastikan semua yang Anda butuhkan untuk pekerjaan itu dapat dilakukan pada hari pertama. Ini akan membantu Anda mengatasi kegugupan atau kebingungan yang mungkin Anda rasakan.
3. Perkenalkan diri Anda kepada rekan kerja di kantor
Cara membuat kesan baik di hari pertama kerja selanjutnya adalah dengan tetap percaya diri dan memperkenalkan diri kepada rekan kerja. Untuk contoh kata-kata perkenalan diri Anda dapat menconteknya di website Cahloker.com.
Anda bisa mencoba berkeliling kantor dan memperkenalkan diri, atau meminta untuk diperkenalkan oleh manajer dari departemen lain. Biasanya bos atau departemen SDM Anda akan memandu Anda melewati berbagai departemen di kantor.
4. Berpakaian rapi dan sopan
Tahukah Anda bahwa pakaian adalah hal pertama yang dilihat rekan kerja dan supervisor di tempat kerja? Ya, pakaian Anda akan menjadi sorotan di hari pertama kerja. Tentu Anda tidak ingin memberikan kesan buruk dengan terlihat berantakan atau mengenakan setelan yang salah.
5. Hindari gosip
Salah satu hal yang bisa terjadi di hari pertama kerja adalah Anda akan diberitahu berbagai macam sifat sikap orang orang disekitar Anda. Itu mungkin. Ada banyak cerita yang bisa kamu dapatkan saat masuk di hari pertama. Namun, informasi yang Anda terima harus tetap dirahasiakan dan disimpan.
Jangan bergosip atau ikut mengomentari informasi ini. Anda harus berpikir dua kali sebelum mengomentari informasi baru. Di hari pertama kedatangan Anda, fokuslah pada pekerjaan. Daripada bergosip, sebaiknya cari tahu tentang cara kerja rekan kerja dan budaya kerja di kantor Anda.